9 Jun 2023

Bagaimana Erdogan Mematahkan Prediksi Para Pengamat dan Memenangkan Pemilu 2023

1. Turki yang besar akan banyak berpengaruh kepada negara negara lain di dunia
2. Sebelum Pemilu 14 mei banyak yang memprediksi bahwa Erdogan dan partainya akan kalah dalam pemilu gelombang pertama, kenapa: kondisi ekonomi yang sulit, bencana gempa dan korban jiwa besar yang wafat dari rakyat turki, adanya tuduhan korupsi terhadap sebagian orang orang pemerintahan Erdogan dan sebagian generasi muda menginginkan perubahan.
3. Tapi partai Erdogan malah dapat lebih dari 321 kursi parlemen dari total 600 kursi parlemen, sedangkan sisanya dibagi kepada 6 partai lainnya, yang hanya menguasai 200an kursi.
4. Menurut kantor berita milik negara Anadolu, dengan hampir 91% kotak suara dihitung, Erdogan memimpin dengan 49,86% dan Kilicdaroglu dengan 44,38%. Tapi oposisi menyebut Kilicdaroglu unggul dengan 47,42%, sementara Erdogan memiliki 46,48%.
“Kedua belah pihak mengklaim berada di depan,” tulis Reuters, dikutip Senin (15/5/2023).
5. Hasil ini memang lebih kecil daripada hasil pemilu yang didapatkan oleh Erdogan di tahun 2018 di mana Erdogan pada saat itu mendapatkan 52% suara. Tetapi hasil Erdogan lebih baik daripada hasil pesaingnya yaitu Kamal kilsider oglu. Yang mendapatkan suara kurang dari 45% dari para pemilih di Turki. 
6. Pertanyaannya adalah bagaimana Erdogan mampu mencetak hasil ini yang seolah-olah mematahkan dugaan para pakar dan pengamat politik. 
7. Jawaban untuk pertanyaan ini agak rumit dan tergantung dari siapa yang menjawab apakah dia pendukung Erdogan atau dia oposisi tapi kalau kita berusaha untuk netral kita dapat melihat bahwa kemungkinan besar pemilu di Turki adalah pemilu yang benar dan tidak curang meskipun tentu saja besar kemungkinan pemilu tersebut tidak 100% benar-benar bersih. 
8. Bedanya apa antara benar dan bersih benar dalam arti bahwa pemilu telah dijalankan sesuai dengan etika pemilihan dan tidak melanggar nilai-nilai umum dari sebuah pemilihan yang demokratis. Sedangkan bersih tentu saja berkaitan dengan hal-hal yang mungkin timbul dari permainan politik baik di tingkat kalangan elit maupun di akar rumput yang bisa jadi memiliki dinamika yang menimbulkan hal-hal yang mungkin membuat pemilu menjadi tidak 100% bersih. 
9. Turki memang secara umum dianggap sebagai salah satu negara di Timur Tengah yang kualitas pemilunya cukup baik dibandingkan negara-negara demokrasi lain yang ada di Timur Tengah. Meskipun tentu saja demokrasi di Turki belum sematang demokrasi di negara-negara barat yang sudah lebih dulu menganut sistem demokrasi seperti Perancis atau Amerika Serikat namun pemilu yang ada di Turki menurut para pengamat memang jauh lebih baik daripada di negara-negara lain di Timur Tengah yang menganut sistem demokrasi seperti di Mesir Syria atau Libya.
10. Jika kita cukup netral kita bisa melihat bahwa kemenangan Erdogan merupakan sebuah kemenangan strategis. Erdogan dengan pengalaman yang panjang mampu memanfaatkan kondisi yang ada sumber daya yang ada untuk menarik hati para pendukungnya meskipun tantangan dari saingannya juga sangat kuat. 
11. Erdogan mampu memutar balik isu ekonomi yang dilontarkan oleh saingannya dengan sangat baik. Kondisi ekonomi Turki Yang sedang krisis yang digembar-gemborkan oleh oposisi menurut Erdogan bukanlah isu yang paling penting bagi Turki saat ini. Erdo kan mengakui bahwa kondisi ekonomi Turki memang sedang sulit tetapi Erdogan mengangkat isu lain yang menarik perhatian publik yaitu isu keamanan dan kebangkitan kejayaan Turki. 
12. Di sini kita melihat bawa Erdogan fokus melihat Turki dari sisi keamanan dan identitasnya sebagai salah satu negara besar Erdogan mengajak publik untuk mengamankan Turki dari tekanan-tekanan negara-negara besar yang ingin Turki menjadi negara yang lemah dan tidak ingin Turki bangkit menjadi kekuatan politik yang kuat dan besar di panggung dunia. Di sini Erdogan ingin menekankan posisinya sebagai pihak yang menolak hegemoni dan dominasi Barat di dalam wilayah kedaulatan Turki. Dan menolak Turki menjadi pengekor dan pengikut negara-negara besar di barat yang tunduk pada keinginan negara-negara besar di barat.
13. Di sini Erdogan menekankan posisi Turki sebagai salah satu negara muslim terbesar di Timur Tengah yang harus menjaga nilai-nilai Islam di Turki dan menolak nilai-nilai barat yang bertentangan dengan nilai-nilai Islam seperti dukungan terhadap lgbt yang disebarkan oleh barat dan lain sebagainya. 
14. Erdogan juga menyoroti latar belakang kamar killSider oglu yang merupakan seorang Alawi dan orang-orang Alawi merupakan minoritas di Turki, dan Erdogan menganggap bahwa orang orang Alawi seolah olah telah membuat agama baru. untuk menjawab tudingan ini Kamal kilsyidar oglu sampai harus membuat video YouTube khusus untuk menjelaskan latar belakang keagamaannya dan menolak tuduhan Erdogan.
15. Isu lain yang diangkat oleh Erdogan adalah isu keamanan Erdogan menempatkan dirinya sebagai sosok yang melindungi Turki dari berbagai jenis terorisme terutama yang muncul dari dalam Turki yang sebagian besar muncul dari etnis Kurdi yang jumlahnya memang cukup besar dan telah beberapa kali menimbulkan bentuk pemberontakan terutama orang-orang Kurdi bersenjata yang dianggap sebagai gerakan separatis oleh pemerintah Turki dan dianggap mengancam keutuhan negara Turki.
16. Erdogan bahkan sempat menunjukkan sebuah video yang menampilkan kamar kill sider ogulu sedang berada bersama para petinggi gerakan separatis partai pekerja kurdistan. Erdogan mengomentari video itu dengan mengatakan selamanya kita tidak akan membiarkan Kamal kill Sider o'glu memecah belah negara ini. namun Kamal kill sider ogulu menolak informasi itu dan menganggapnya tidak benar bahkan dia menuduh pihak Erdogan membuat dan merekayasa video tersebut untuk kepentingan politik mereka. Kamal kill Sider oglu bahkan menuduh Rusia membantu pihak Erdogan membuat video tersebut dan kamalkiel Sider ogulu juga menuduh Rusia ikut campur mendukung kemenangan Erdogan yang merupakan pendukung Rusia di kawasan Timur Tengah.
17. Salah satu strategi kemenangan Erdogan ialah dia mengangkat tema abad Turki dalam kampanyenya sebagai usahanya untuk mengangkat kebanggaan orang-orang Turki terhadap negara mereka dan untuk menyalurkan semangat orang-orang Turki untuk menjadikan negara mereka sebuah negara besar yang kuat. Karena Turki sedang memasuki usia 100 tahun keduanya setelah Turki berhasil mempertahankan eksistensinya selama kurang lebih satu abad lamanya maka Turki saat ini sedang menyambut abad ke-2 mereka dengan semangat dan harapan yang besar. Erdogan lebih senang membahas tentang masa depan Turki yang cerah daripada hanya membahas masalah ekonomi yang sedang sulit dan Erdogan pun berusaha meyakinkan rakyat Turki bahwa kesulitan ekonomi akan berlalu dan bahwa dia mampu mengembalikan kembali ekonomi Turki menjadi lebih baik.
18. Selain itu Erdogan memberikan pandangan bahwa pihak oposisi hanyalah tangan kanan negara-negara barat yang tidak akan mampu menjadi pemimpin bagi negara Turki yang besar Mandiri dan kuat secara politik.
19. Erdogan juga berusaha mengangkat posisinya dengan mengungkap berbagai prestasi-prestasinya selama memimpin Turki prestasinya memang bisa dikatakan cukup banyak namun Erdogan memfokuskan kampanyenya dalam mengungkapkan prestasi-prestasi Turki di bidang pengembangan teknologi militer yang berkembang dengan cukup masif di masa Erdogan. Pada masa Erdogan teknologi militer Turki berkembang sangat pesat hal ini dimulai sejak tahun 2000-an di mana Turki membuat strategi pengembangan teknologi militer yang lebih Mandiri dan maju dan hasilnya saat ini Turki telah berhasil mengekspor teknologi militer mereka ke luar Turki dengan total nilai perdagangan senjata Turki untuk diekspor senilai 4,4 miliar dolar hal ini sangat luar biasa karena angka itu lebih besar dari anggaran militer sebagian negara Eropa bahkan Turki berhasil menciptakan sebuah drone yang sangat canggih yang diimpor oleh Ukraina untuk menangkal serangan-serangan Rusia. 
20. Selain itu di masa Erdogan Turki juga berhasil menciptakan mobil listrik pertama mereka dan Erdogan memiliki cita-cita untuk menjadikan Turki sebagai salah satu pemain penting dalam memproduksi mobil listrik di dunia. 
21. Bukan hanya itu Erdogan juga menyoroti kemampuan pesaingnya dan mempertanyakan kemampuan saingannya untuk mengatur negara sebesar Turki karena saingannya kamar kill Sider ogulu memang belum memiliki pengalaman dalam memegang kepemimpinan pemerintahan Turki sehingga rakyat belum tahu apakah partai oposisi yang terdiri dari 6 partai tersebut mampu mengendalikan pemerintahan dengan baik karena mereka tentu memiliki kepentingan masing-masing dan mereka bersatu hanya karena mereka sama-sama tidak senang dengan pemerintahan Erdogan maka bisa jadi pemerintahan pesaingnya tersebut tidak akan memiliki stabilitas karena terdiri dari beberapa partai yang memiliki kepentingan-kepentingan masing-masing dan mereka juga tidak memiliki pengalaman dalam mengatur pemerintahan. Sedangkan sebaliknya Erdogan dengan pengalaman memimpin Turki selama kurang lebih 20 tahun telah terbiasa mengurus pemerintahan dan mengatur pemerintahan.
22. Selain itu Erdogan sebagai penguasa Turki yang memegang kuasa terhadap anggaran Turki juga memanfaatkan posisinya tersebut dengan sangat baik contohnya Erdogan menaikkan gaji pegawai pemerintahan sebanyak 45% hanya selang beberapa hari sebelum pemilihan. Selain itu Erdogan juga menambah bantuan orang-orang yang terkena bencana juga selang beberapa waktu saja sebelum dilaksanakannya pemilihan umum erdo kan juga memanfaatkan media yang dikuasai oleh pemerintah dan juga partainya untuk memberikan informasi-informasi dan Citra positif bagi pemerintahannya Hal ini tentu saja tidak mampu dilakukan oleh saingannya yaitu Kamal kill Sider ogro yang hanya mampu memberikan informasi melalui saluran youtube-nya tentang hal-hal positif yang dilakukannya terhadap masyarakat Turki seperti aktivitas membagi bantuan makanan
23. Pertanyaannya adalah apakah Erdogan mampu membuat nilai-nilai positif yang sudah dia miliki menjadi sebuah kemenangan di dalam pemilihan umum presiden gelombang kedua. Selain itu kita juga perlu bertanya lagi sebenarnya siapa yang lebih baik memimpin Turki apakah Erdogan atau saingannya Kamal kill sider oglu
24. Pertanyaan ini tergantung kita tanyakan kepada siapa kalau kita bertanya kepada Rusia tentu saja Rusia akan mengatakan bahwa yang terbaik adalah Erdogan karena erdoga n mampu menjadi sekutu Rusia di kawasan Timur Tengah dan memang Rusia dan Erdogan merupakan sahabat yang saling mendukung satu sama lain. 
25. Namun kalau kita tanyakan kepada negara-negara Timur Tengah kita dapat melihat bahwa sebagian besar negara-negara Timur Tengah tidak terlalu dekat dan bersahabat dengan Erdogan kecuali sedikit saja dan yang paling dekat dengan pemerintahan Erdogan tentu saja adalah negara Qatar sisanya sebagian besar pemerintahan di negara-negara Timur Tengah Tidak terlalu senang dengan kepemimpinan Erdogan karena beberapa hal antara lain tentu karena Erdogan merupakan kekuatan politik Islam progresif yang dekat dengan Rusia dan terkadang juga ikut campur di dalam pemerintahan negara-negara tetangganya. Dan tetangga-tetangganya di Timur Tengah memang sebagian besar tidak terlalu senang dengan aliran politik Islam progresif yang dimainkan oleh Erdogan yang dianggap mengancam posisi paradigtator di Timur Tengah. 
26. Sedangkan kalau kita bertanya kepada orang-orang komunitas Kurdi di dunia tentu mereka tidak ingin Erdogan berkuasa lebih lama karena Erdogan memiliki kebijakan politik yang keras terhadap orang-orang Kurdi. 
27. Sedangkan jika kita bertanya kepada para pengungsi tentu para pengungsi sangat mendukung Erdogan karena Erdogan merupakan calon presiden yang paling baik kepada para pengungsi karena dua calon lain selain Erdogan sama-sama memiliki keinginan untuk mengeluarkan pengungsi pengungsi yang ada di Turki dan mengembalikan mereka ke negara mereka masing-masing dan menutup pintu Turki dari para pengungsi dari manapun mereka berasal.
28. Pada tanggal 28 mei 2023, akhirnya kita melihat bahwa Erdogan masih mampu memimpin dengan kemenangan yang sangat meyakinkan. Erdogan mendapatkan 52,1% suara, dan Kamal Kilocsaroglu mendapatkan 47,9% suara. Dengan demikian kita saksikan bahwa strategi strategi kampanye Erdogan berhasil, dengan dengan sangat meyakinkan Erdogan berhasil mengalahkan Kamal dan Erdogan pun keluar sebagai pemenang dalam Pemilu Presiden Turki 2023
29. Dengan ini Erdogan telah memenangkan 3 kali Pemilu presiden berturut-turut, sejak tahun 2014, dan sebelumnya Erdogan juga sudah memimpin pemerintahan sebagai Perdana menteri sejak tahun 2003, sebuah prestasi luar biasa yang jarang dimiliki oleh para politikus di Timur Tengah mau pun di kawasan lain di Dunia
30. Dan pertanyaan selanjutnya ialah, apakah kepemimpinannya akan berlangsung dengan baik dan stabil mengingat Erdogan saat ini sudah mulai menua dan akan masuk ke usianya yang ke-70
31. Terima kasih anda sudah mampir ke video ini dan sampai ketemu lagi di video selanjutnya insya Allah saya Muhammad isdian Muttaqin wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuhterima kasih anda sudah mampir ke video ini dan sampai ketemu lagi di video selanjutnya insya Allah saya Muhammad isdian Muttaqin wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

0 comments:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Anda dapat menghubungi Mohammad Izdiyan Muttaqin melalui beberapa cara berikut.

Address:

DD Ross Village 1 Blok E5 Jl. Tanjung, Rt 04 Rw 05 Padurenan, Kec. Gn. Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16340

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 4pm

Phone:

+6281311448187

Flickr Images